Mendem

Mendem, sebuah kata dalam bahasa jawa yang bila diartikan dalam bahasa indonesia bisa berarti “Mabuk”

sedangkan mabuk selama ini selalu identik dengan minum minuman beralkohol hingga lupa diri,

padahal mabuk atau mendem itu luas artinya. diambil dari kamus bahasa indonesia mabuk memiliki arti sebagai berikut :

ma.buk
[a] (1) berasa pening atau hilang kesadaran (krn terlalu banyak minum minuman keras, makan gadung, dsb); (2) berbuat di luar kesadaran; lupa diri: rupa-rupanya dia sudah — , tergoda rayuan sehingga lupa bahwa dia sudah berkeluarga; (3) ki sangat gemar (suka): dia sedang — berhias; (4) ki tergila-gila; sangat berahi: bentuk wajah yg mungil dng sinar mata yg lembut itulah yg membuat aku — kepadanya

Seperti yang saya rasakan saat ini:
  • Mual
  • Kepala Pusing
  • Badan pegel-pegel
  • Tengkuk berat :)
Dan itu semua tidak disebabkan karena minuman beralkohol, tapi karena kebanyaken Peyek Welut alias Peyek Belut.
Demikian Sekilas info ini dilaporkan dari hati yang paling dalam.
Selamat Siang dan Salam Kolesterol…..

5 thoughts on “Mendem

  1. lieshadie

    peyek welut marai mendem ya…aku yo suka banget cemilan ini, untung gak mendem..:D

    Asal jangan banyak2 mbak, kolesterol lho :)

    Reply
  2. duniaely

    ya krn dulu pernah lihat alm. ibu ngolah lele ini, byk bgt darahnya , sejak itu nggak pernah dann nggak mau makan belut, inget darahnya terus :(

    Waduh trauma ceritanya nih BUk El, Saya kebetulan belum pernah liat yang ngolah sendiri. Taunya udah jadi mateng beli di Pasar Godean Jogjakarta :)

    Reply
  3. duniaely

    wah … aku baru tahu kalau terlalu byk makan peyek belut bisa mual mual bgt ya, aku malah belum pernah lho makan belut, takut

    lho kok takut Buk El, kan renyah enak. cuman kolesterol tinggi hehehe

    Reply

Tinggalkan Balasan