Monsters University (2013)

Awal saat nonton fim ini beranggapan bahwa ini merupakan sekuel dari Monsters Inc. Tapi setelah beberapa saat baru sadar kalo ini adalah prekuel dari Monsters Inc. Dimana menceritakan kisah James P. Sullivan dan Mike Wasowski sast masih kuliah. Kisah ini dimulai dari Mike Wasowski (monster bermata satu) yang melakukan study tour untuk melihat cara monster–monster menakuti anak manusia, kemudian muncul salah satu monster yang mengatakan bila mau menjadi monster-monster seperti mereka jalan yang terbaik adalah melalui school of scaring di Monster University. Dari situ lah muncul niat dan ketertarikan Mike yang kemudian disekolah lanjutannya memutuskan untuk masuk ke Monster University demi mewujudkan cita-citanya.

Dalam kelasnya Mike bertemu dengan Sullivan (Monster Raksasa) namun keduanya memiliki sifat bertolak belakang dimana Sullivan yang memang sudah ‘sangar’ tidak mau repot dengan pelajaran-pelajaran tentang cara menakuti anak manusia, sedangkan Mike yang tidak memiliki tampang menakutkan selalu lengkap dengan buku pelajaran. Sampai pada ujian yang menentukan keduanya tidak diloloskan untuk mengikuti program selanjutnya karena Sullivan walaupun menyeramkan namun secara teori masih salah dan Mike yang begus dalam teori namun sama sekali tidak memiliki tampang yang seram.

Namun Mike masih punya satu kesempatan untuk kembali pada program School of scaring , Mike menantang sang dekan agar Mike Dkk dapat mengikuti lomba yang kebetulan diadakan oleh School of Scaring, awal nya sang dekan tak mengijinkan namun Mike kembali menantang  apabila keluar sebagai juara boleh kembali mengikuti program dan bila kalah rela dikeluarkan dari Monsters University. Akhirnya Mike dibantu oleh Sullivan dan beberapa teman lain membuat group yang dinamakan Oozman Kaappa (OK).

Monsters University - Afanrida.com

Monsters University

Sebenarnya kisah selanjutnya mudah sekali ditebak dimana OK memenangkan perlombaan tersebut, namun perjuangan bagaimana memenangkan pertandingan terbut juga menghadirkan kisah2 yang unik dan menarik, bagaimana nasib OK setelah memenangkan pertandingan? Ini yang perlu dilihat langsung ke Stadion bioskop terdekat dikota anda… :)

Selain itu ada juga bonus film animasi judulnya ‘The Blue Umbrella’ cerita tentang payung biru yang naksir/jatuh hati sama payung merah, ceritanya sederhana namun efek/sentuhan animasinya membuat enak ditonton walaupun tanpa suara tetapi jalan ceritanya bisa dicerna dengan mudah.

Berbeda dengan film action atau drama, penonton film ini pun lebih banyak di dominasi oleh keluarga yang tanpa segan membawa anak-anak nya sehingga kadang terdengar suara tawa ataupun ribut anak-anak. Dalam film ini juga terdapat beberapa pesan-pesan yang bagus untuk disampaikan kepada anak-anak, antara lain :

  1. Memegang teguh cita-cita, temukan minat dan bakat dari anak-anak yang dicontohkan seperti study tour dll sehingga lebih mudah untuk menemukan minat, bakat atau cita-cita seorang anak.
  2. Fokus dengan tujuan, untuk dapat mengikuti program di School of scaring harus mengikuti beberapa tahapan dan itu harus dipersiapkan dengan baik. seperti saat Mike menempelkan agenda-agenda yang harus dijalani agar lolos dalam program.
  3. Teori dan praktek harus beriringan. Bagaimana seorang Sullivan yang berbakat namun mengesampingkan teori dan Mike yang pandai dalam pelajaran namun tak memiliki tampang yang seram.
  4. Kerjasama dan semua punya andil yang sama bila sudah dalam satu tim. Pada saat awal pertandingan OK masih belum kompak dan mementingkan ego masing-masing.
  5. Sebuah kecurangan memang harus dihindari, tapi bila memang sudah terjadi harus mau mengakui kesalahan, meminta maaf dan berani menanggung konsekuensi. Seperti Sullivan yang telah berbuat curang.
  6. Berusahalah dengan sebaik-baiknya namun jangan patah semangat bila menjumpai kegagalan, siapa tau kegagalan tersebut membawa ke jalan lain yang lebih bagus. Yang terbukti Mike yang memiliki teori yang bagus bisa menjadi seorang advisor bagi sullivan.

 

Produced by      : Pixar

Released by       : Walt Disney

Directed by         : Dan Scanlon

Producer             : Koi Rae

Genre                   : Family and Kids, Animation, Comedy,

 

4 thoughts on “Monsters University (2013)

    1. Afan Rida Post author

      kalau biasa nonton film action rasanya kurang greget, tapi kalo penggemar animasi film ini layak tonton apalagi bawa keluarga… ada bonus film pendek :)

      Reply

Tinggalkan Balasan