Man of Steel (2013)

Kalau kita ingat tentang film2 superman dalam bayangan saya adalah superman yang memiliki indra pendengaran yang sangat kuat tiba2 mendengar suara jeritan orang minta tolong dan seketika superman ambil pose lihat keatas kemudian segera membuka paksa bajunya dan sejurus terlihat kostum superman yang ada dibalikbaju (mungkin saking tergesa2nya membuat celana dalamnya kepake diluar :) ). Dan lebih mantap lagi diakhiri dengan digendongnya korban kejahatan kemudian turun perlahan di depan kerumunan banyak orang.

 Kisah superhero selama ini memang identik dengan pengaman kota besar yang penuh dengan kejahatan. Namun berbeda dengan kisah Man of Steel, film ini tidak mengumbar kehebatan superman sebagai penumpas kejahatan malahan dalam film ini dikisahkan Clark Kent diminta untuk tidak menampakkan kehebatannya di depan umum oleh Jonathan Kent yang mengasuhnya sejak kecil .

 Awal cerita film ini dimulai dari sebuah planet yang bernama krypton yang memiliki kehidupan high end (meskipun tidak ada tampilan komputer) dan diramal akan segera kiamat. Oleh karena itu Jor-El (Russel Crowe) mengirimkan anaknya yang dinamai Kal-El yg baru saja lahir ke planet lain. Dengan harapan agar keturunan nya dapat bertahan hidup di planet lain sedangkan planet yang dituju itu adalah Bumi. Namun Usaha untuk mengirimkan anaknya itu tak mudah karena terganjal oleh Jendral Zord yang tidak setuju dengan pengiriman tersebut. Usaha Zord untuk mencegah tidak berhasil bahkan Jor El harus terbunuh oleh tangan Zord.

Selama Di Bumi Kal-El diasuh oleh Jonathan Kent (kevin Costner) dan mitha (Diane Lane) yang kebetulan juga tidak memiliki anak, oleh pasangan ini Kal-El akhirnya diberi nama Clark Kent. Dari awal Jonathan sudah mengetahui bahwa Clark memiliki kekuatan yang diluar kemampuan manusia maka dari itu Jonathan selalu memberi nasihat agar Clark jangan menampakkan kekuatannya di depan masyarakat umum bahkan pada saat  ada badai dan Jonathan terjebak dalam mobil, Clark diminta untuk merelakannya nya dan dilarang untuk menolongnya. Selama hidup bersama keluarga Jonathan, Clark dididik dengan baik dan diberi nasehat agar menjadi orang yang baik dalam kehidupan.

Hingga akhirnya Jendral Zord menemukan Bumi yang selama ini menjadi persembunyian Clark/Kal-El kemudian Jendra Zord beserta kawanannya mulai menyerang Bumi untuk mendapatkan Kal-El dan akan menjadikan bumi sebagai New Krypton. Kal-El di bantu oleh arwah Jor-El yang kembali menampakkan diri di sebuah goa belahan bumi lain hingga akhirnya Clark menemukan juga pakaian yang memiliki bahan seperti yang digunakan di planet krypton.  Bagaimana cara Clark mengalahkan Jendrala Zord dan kawanannya, bagaiman hubungan Clark Kent dan Louise Lane dalam fim ini? Dan apakah arti huruf S di dadanya?

Man of Steel

Man of Steel

 Ini menjadi film yang layak untuk ditonton karena memang berbeda dengan sekuel-sekuel sebelumnya. Ada beberapa hal kejadian Janggal maupun pesan-pesan yang positif dalam film ini.

Yang janggal :

  • kemunculan Jor-El yang sudah meninggal dan memberi andil yang besar untuk melawan Jendral Zord.
  • Kehidupan high end di krypton layaknya armagedon tapi gak pake komputerisasi.
  • Saat menghadapi Jendral Zord, pasukan militer amerika terlalu sedikit. Kalo lihat scene ini saya berpikir bahwa Osama bin Laden lebih hebat daripada Jendral Zord.

Yang bagus :

  • Mengajarkan untuk menahan diri dan mengumbar kekuatan di depan umum
  • Pendidikan dalam keluarga itu penting untuk membentuk pribadi yang positif
  • Menggunakan hati dan naluri dalam setiap langkah kehidupan

Yang tidak ditemukan seperti dalam film superman terdahulu.

  • Menolong korban kejahatan di sudut-sudut kota.
  • Huruf ‘S’ dikening
  • Celana dalam merah diluar
  • Lemah karena batu kryptonit

Sutradara : Zack Snyder
Produser : Charles Roven, Emma Thomas, Christopher Nolan, Deborah Snyder
Penulis Naskah : David S. Goyer
Pemain : Henry Cavill, Amy Adams,  Russell Crowe, Diane Lane, Michael Shannon, Kevin Costner, Laurence Fishburne, Christopher Meloni, Antje Traue, Harry Lennix, Ayelet Zurer, Richard Schiff, Jadin Gould, Cooper Timberline
Studio : Warner Bros.
Genre : Action
Tanggal Rilis : 14 Juni 2013

5 thoughts on “Man of Steel (2013)

  1. Sriyono Semarang

    Di Semarang sudah turun panggung…
    Yang lagi ngehits, Disepikable me 2, yang ceritanya anak anak abg cewek pada lagi disepik sama anak anak abg cowok… :D

    berarti kalau dibribik, judulnya jadi dibribikable me 2 . gitu ya mas? :)

    Reply
  2. rawins

    aku masih nunggu dvdripnya masuk piratebay, om
    hehehe

    Kalo lagi bokek saya ngikut seperti sampeyan, tapi kegemaran saya isohunt :)

    Reply
  3. Ceritaeka

    Ini soal kemunculan Jor-El ini setauku (berdasarkan nonton seri Samllville) adalah semacam hantunya gitu deh. Errr… Jadi kayak pikirannya Jor-el yang dibekukan di dalam fortress dan bisa berkomunikasi dgn masa kini

    Cerita superhero dibumbui sama hantu/arwah gitu menurutku masih agak aneh :)

    Reply

Tinggalkan Balasan