Simple Free FTP

FTP atau File Transfer Protocol sangat lazim bagi anda yang suka bermain dengan internet, khususnya blogger dengan dedicated hosting. Mengambil istilah dari wikipedia bahwa FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. Singkat kata FTP sendiri berfungsi untuk mentransfer data-data dari komputer kita ke komputer server. Sehinga nantinya file-file itu bisa di akses oleh user internet.

Sebenarnya di dalam hosting kita juga bisa mengirim (upload) berkas ke komputer server dengan bantuan cpanel. Cuman untuk lebih efektifnya ada beberapa software FTP yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan transfer file tersebut. Beberapa software FTP tersebut antara lain : Filezilla, cuteFTP, SmartFTP, WS_FTP_LE, dan lain sebagainya.

Sedikit sharing tentang software FTP yang saya pakai adalah filezilla dan WS_FTP_LE. Dua software ini masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan.

Selama ini Filezilla memang menjadi pilihan yang bagus untuk urusan file transfer. Dengan dengan dukungan user interface yang bagus memberikan kemudahan dalam penggunaan.

Di bagian atas terdapat kolom untuk koneksi ke server. Koneksi bisa dilakukan Dengan memasukkan nama server, username, password dan port. sedangkan dibagian paling bawah ada kolom untuk monitoring proses transfer file. Yang terdiri dari file antrian, transfer file yang gagal, dan transfer file yang berhasil dilakukan. Dengan tampilan seperti ini saya rasa filezilla memberikan kemudahan untuk monitoring file yang kita transfer ke server.

Tetapi saat menggunakan filezilla ini beberapa waktu lalu ada sedikit kendala yang dijumpai, kendala itu terjadi bila koneksi internet kita lambat (slow but sure). Dengan koneksi yang lambat File yang berukuran agak besar gagal untuk dikirim. Dan ini sangat sering terjadi. Pada akhirnya setelah mencoba untuk googling kesana dan kesini akhirnya dapat solusi baru yaitu memakai WS_FTP_LE.

WS_FTP_LE selama ini memang menjadi solusi untuk mentransfer file bila kondisi koneksi internet kita begitu lambat. Pengalaman saya menggunakan software ini memang tidak pernah gagal saat transfer file (kecuali kalau koneksi internetnya terputus yaaa….). software ini juga bisa di download dengan gratisan untuk pengguna non bisnis. Tampilan dari WS_FTP_LE sendiri sangatlah sederhana. sperti gambar berikut:

Kolom sebelah kiri adalah file dari localdisk kita dan sebelah kanan adalah direktori tujuan dari file tersebut. Tampilan yang terlalu sederhana membuat software ini kurang informatif bagi pengguna baru. Direktori localdisk tidak ada namanya hanya c,d,e f dst sehingga klo tidak hafal ya harus coba satu2. apalagi kalau partisi kita banyak (belum lagi klo mainnya di warnet hehe.. ) dan satu lagi apa bila kita edit file dari software ini dengan notepad tampilan file di notepad jadi gak karuan dan ini juga menjadikan kita susah untuk edit file.

Tetapi dalam hal kehandalannya Sampai saat ini software ini cukup mumpuni dalam hal transferring data. Dan saya belum pernah gagal dalam pengiriman file.

Simpulan dari Posting kali ini, install kedua software diatas. Untuk urusan transferring file kita gunakan WS_FTP_LE. Dan untuk editing file di server gunakan Filezilla. (kalau koneksi internet anda bias dibanggakan cukuplah dengan Filezilla saja). Semoga bermanfaat. Amin.

Download WS_FTP_LE.

Share and Enjoy:
  • Facebook
  • Twitter
  • del.icio.us
  • Digg
  • StumbleUpon
  • Yahoo! Buzz
  • Google Bookmarks
  • Blogosphere
  • MySpace
  • Plurk
  • Technorati
  • Print
  • PDF
  • RSS