IDM portable ada yang bervirus

Internet Download Manager (IDM) siapa yang nggak ngerti IDM? Saya kira semua netter apa lagi yang doyan sama nge download pastinya tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi yang di release oleh Tonec. Inc, berbagai manfaat yang di berikan oleh IDM saya rasa sangat memanjakan para downloader karena IDM Sendiri berhasil mengangkat speed yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. cuman sayangnya IDM ini hanya direlease dalam versi yang berbayar, tapi banyak juga yang tersebar IDM versi “lewat pintu belakang” harus punya crack dan gak boleh di update :). Selain itu  ada juga yang versi portable, dengan versi portable sebenarnya kita gak perlu repot-repot install tuh aplikasi, bisa di bawa kemana-mana pake flashdisk dan tinggal kita running saja.

Beberapa waktu yang lalu dah nemu nih IDM yang versi portable, sayang IDM ini gak bisa digunakan. Yah kecewa dehhhh… tiba2 ada keanehan muncul di laptop, kipas pendingin tiba-tiba berputar kencang kayak ada proses aplikasi yang berat, memang waktu itu sedang running beberapa aplikasi kemudian satu-per satu aplikasi saya tutup. Tapi kok kipas gak turun-turun masih aja muter kenceng , panas lagi.

virus

Setelah check di task manager performance CPU nya 100% (set dahhh padahal gak ada jalanin aplikasi) baru ketahuan di prosesses ada satu file msdvx.exe yang make cpu sampai penuh dengan deskripsi bit-coin miner. Pertama-tama saya terminate msdv.exe tersebut, abis di terminate beban kerja cpu memang langsung turun, dan kipas kembali normal, memang belum kepikiran kalo itu virus(di scan pake smadav sama avg pun ga ke detect). Beberapa menit kemudian timbul masalah yang sama kipas kembali kenceng, seperti semula terminate proses tersebut. Punya inisiatif buat nyari file msdvx.exe trus di delete, dan setelah di delete memang tidak ada kerja cpu yang berat lagi, Cuma masalahnya berganti dengan munculnya pop up window yang ngejelasin kalo file msdvx. Exe tidak bisa di temukan (file not found) ya iyalah kan file nya udah di delete. Dari situ mulailah browsing msdvx.exe dan bit coin miner. Berikut cuplikannya apa itu bit coin miner

BitCoinMiner ( CoinMiner for short) is a group of trojans that install Bitcoin Miner application
This if you feel that your PC cooler is working harder when you are not working on it, it might be a sign of CoinMiner virus infection. (2-viruses[dot]com)

Ciri-ciri komputer yang terjangkit virus bit-coin miner (info[dot]poliseni[dot]ac[dot]id)
1. Cpu 100%
2. Boros bandwith
3. Menyembunyikan drive USB / removable disk
4. Menyembunyikan folder pada drive USB / removable disk
5. Berjalannya aplikasi Command Prompt pada Task Manager
6. Dan lain-lain
Dalam kasus ini yang paling saya rasakan adalam meningkatnya kinerja CPU menjadi 100%

Selain itu juga nemu di forum smadaver (smadaver[dot]com) buat ngatasi virus tersebut dan berikut langkah2 nya.
1. Terminate msdvx.exe
2. Cari file tersebut di folder /temp (users/(your comp. name)/local/temp)
3. Hapus file-file ini : igdxdrv.exe , msdvx.exe, idm.exe dan folder awkur75

Setelah didelete nya file-file tersebut maka bereslah sudah urusan dengan proses cpu yang tiba-tiba melambung dan kipas yang tiba-tiba muter kenceng. Dan kehidupan pun menjadi damai.
Eeiits tunggu dulu karena masih belum yakin dan pake antivirus gratisan pun tidak terdeteksi, mungkin ada dari sebagian pembaca yang punya masukan siapa tau sebenernya laptop saya masih terjangkit virus tersebut? Saya tunggu informasinya…

Tinggalkan Balasan