Blogging Gratis

Setelah beberapa waktu lalu nge-post tentang Alasan kenapa nge-Blog Sekarang giliran pembeberan gimana caranya nge-blog. Buat yang sudah lama nge-blog dan yang tidak sejalan dengan isi postingan ini jangan protes lho yaaa? Karena ini murni pemahaman mendasar buat nge blog, dan pehaman ini secara sengaja saya sempitkan :)

Dari booming nya aktifitas di Social Media layaknya Facebook dan Twitter, setiap orang ramai2 bikin akun di social media tersebut. Bahkan kalo ga punya akun tersebut bisa dikatakan kagak gaahhhoolll.
namun sayangnya social media yang identik dengan istilah “update status” itu sedikit disalahgunakan dengan nge-blog di social media tersebut. Contohnya banyak “update status” yang terpotong dan harus berurusan dengan “Continue Reading” atau “See More”  bahkan bila di klik akan scrolling sampai beberapa halaman. Kalo “nge-tweet” lain lagi, ada yang “ngetweet” berseri pake nomor segala dan biar gak malu sekaligus biar agak keren disebutnya sebagai “kul-tweet” maksudnya kuliah tweet kali ya..

Kalo afanrida sih hanya bisa mendoakan agar yang seperti itu segera diberikan Hidayah tanpa repot2 harus nonton sinetron dan segera dikembalikan ke jalan yang benar. Yang sudah punya blog tinggal kembali nulis di blognya, yang belum punya blog bisa ndaftar gratis ke layanan penyedia blog gratis.

Gratisan

Buat apa cari yang bayar kalo ada yang gratisan :), singkat cerita sudah banyak penyedia layanan blog yang dapat kita nikmati tanpa biaya. Hanya bermodalkan koneksi internet dan email untuk mendaftar, berikut beberapa yang afanrida rekomendasikan untuk nge-blog :

  1. Blogger/Blogspot

Blogger

Setelah di akuisisi oleh google sepertinya blogspot menjadi lebih berkembang dan banyak penggunanya. Daftarnya mudah dengan modal email gmail. Sebenarnya dengan satu modal email di gmail kita bisa mendapat beberapa layanan di google yang berhubungan dengan aktifitas blogging termasuk webmaster tool, google reader dan lain2. Keuntungannya Karena layanan ini milik google menurut saya menjadikannya lebih mudah terindex oleh google search. Setelah terdaftar domain yg menyertainya adalah nama_akun.blogspot.com

  1. WordPress.com

Wordpress

Layanan yang di kembangkan oleh wordpress foundation dan bisa di daftar secara gratis. Dengan domain Nama_akun.wordpress.com anda bisa menikmati layanan back end (admin form) lebih rapi dibandingkan blogspot, juga pilihan theme yang lebih banyak. Keuntungannya karena dukungan komunitas yang bagus maka banyak pengembangan theme, plugin dan widget. Karena terbatasnya gerak dalam instalasi plugin/widget biasanya pemilik akun wordpress.com upgrade/pindah ke layanan wordpress self hosting yang lebih bebas berkspresi. :)

  1. Blogdetik.com

blogdetik

Alasan saya menyertakan blogdetik disini karena layanan ini disediakan di Indonesia, dan dukungan komunitasnya juga sudah banyak. Menggunakan engine wordpress sehingga back end dan fasilitasnya mirip dengan wordpress. Dengan domain Nama_akun.blogdetik.com.

 

Sebenarnya masih banyak layanan blog gratis yang bisa masdab daftar, Namun seperti tujuan posting ini sengaja informasinya disempitkan karena menurut afanrida yang disebutkan diatas sudah cukup untuk membuat capek ngeblog.

Happy Blogging. Posting.. Posting… Posting…

27 thoughts on “Blogging Gratis

  1. Bloggerwan

    Blogger lagi ‘galak’! Sekarang hampir mirip WPcom, blog yg beraroma sp4m langsung disingkirin. Jadi, yang masih aman dan asik banget, ya di BLOGdetik selain itu ‘kan bisa dibilang produk dalam negeri.

    Kalau cari aman lebih baik pakai self hosting, meskipun butuh modal tahunan. Rugi juga kalau sudah ngeblog lama tiba2 di berangus gitu aja.. Beberapa kali akses yang pakai blogdetik kok server panuh..
    semua ada resikonya :)

    Reply
  2. keijoe

    sejalan dengan anda saya bro, kalo saya sih masih betah di blogspot, hehe mungkin karna udah terlanjur kali ya,

    Reply
      1. Mugniar

        Eh, rupanya saya sudah pernah ngomen ya …
        Blogdetik itu banyak lombanya lho, gede2 lagi hadiahnya tapi saya liat rata2 yang menang ya yang pake blogdetik juga. Entah ya, apa cuma pendapat saya saja

        Reply

Tinggalkan Balasan